Dua Mahasiswa IST Annuqayah Lolos Seleksi Kampus Wirausaha Merdeka Kemendikbudristek

Dua Mahasiswa IST Annuqayah Lolos Seleksi Kampus Wirausaha Merdeka Kemendikbudristek
mahasiswa IST Annuqayah saat mengikuti Kampus Wirausaha Merdeka. (Foto:sisfor)

Guluk-guluk, IST Annuqayah

Wirausaha Merdeka merupakan program yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia spesial bagi para mahasiswa yang memiliki ketertarikan terhadap dunia Wirausaha.

Program ini memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat mengikuti Program Wirausaha Unggulan dari Perguruan Tinggi lainnya. Dalam hal ini, Kemendikbudristek bekerjasama dengan berbagai mitra untuk mensukseskan program kampus wirausaha merdeka.

Dua mahasiswa Institus Sains dan Teknologi Annuqayah Guluk-guluk Sumenep Madura berhasil mengikuti program ini. Dua mahasiswa tersebut atas nama  Zumailah mengikuti program di Universitas Brawijaya dan Moh. Imran di Universitas Bina Nusantara.

Zumailah, Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi IST Annuqayah mengungkapkan alasannya untuk mengikuti program kampus wirausaha merdeka. Menurutnya, program ini merupakan sarana dalam mengembangkan wawasan kewirausahaaan dan mempertahankannya.

“Alasan saya mengikuti program yang diadakan oleh kampus merdeka yakni kampus wirausaha adalah untuk mengembangkan wawasan tentang kewirausahaan, dimana mengasah dan mengembangkan potensi yang ada. Karena berwirausaha bukan hanya tentang seberapa banyak modal yang dimiliki akan tetapi sejauh mana mempertahankan usaha yang kita bangun sendiri,”katanya.

Sementara itu, Moh. Imran mengatakan bahwa mengikuti kegiatan Kampus Wirausaha Merdeka sangat membantu terhadap kemampuan jiwa wirausaha mahasiswa.

“Saya sebagai mahasiswa memiliki kesempatan untuk mengasah jiwa kewirausahaan, soft skills dan kemampuan manajerial, serta mendorong peningkatkan pengalaman wirausaha saya dan peningkatan kemampuan daya kerja mahasiswa yang dapat diakui dan disetarakan dalam bentuk Satuan Kredit Semester (SKS),” kata Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi IST Annuqayah ini.

Dengan mengikuti program tersebut, dirinya mengaku bisa menanamkan mindset dan kompetensi dasar di bidang kewirausahaan sejak dini, memantik minat dan semangat dalam berwirausaha berguna mendorong peningkatan pengalaman di kewirausahaan untuk mencapai kemampuan daya kerja dalam berwirausaha.

Ia menambahkan bahwa program ini sangat menarik sejauh ini yang sudah saya rasakan dimana dari hasil pembelajaran yang sudah berjalan kurang lebih satu bulan dengan metode daring oleh Universitas Brawijaya adalah memahami berbagai teori dalam berwirausaha dan menerapkan secara mandiri dengan melakukan observasi terhadap wirausaha yang ada didaerah saya guna mempelajari dan menganalisa secara langsung. (Warits/humas)

Leave a Comment

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *